Cynthia Apriliani Yaumil Fitriah (tya)
Blog Universitas Komputer Indonesia

Konvergensi Media Di Dalam Dunia Humas

Konvergensi Media Di Dalam Dunia Humas
       Humas adalah profesi yang memiliki kegiatan kerja yang tidak bisa jauh dari media. Media adalah salah satu alat pengontrol dalam komunikasi. Seiring dengan berkembangnya tekhnologi, membuat berkembangnya pula dunia kehumasan. 
        Humas yang dijaman dulu masih menggunakan teknik surat menyurat untuk menjalin kerja sama yang baik dengan perusahaan lain, kini dapat hanya menggunakan email dan fasilitas media sosial yang sanagat mudah dan cepat degan meminimalisir biaya.
   Hal tersebut merupakan bukti dari adanya konvergensi media. konvergensi media adalah penggabungan teknologi, produk, dan tenaga pengelola ke dalam sinergitas media cetak, radio atau televisi, dan media online.Perspektif konvergensi media mencakup teknologi, manajemen, komunikasi, dan tenaga profesional. Pendapat lain mengatakan, konvergensi media meliputi ruang fisik, struktur organisasi, alur produksi berita, sikap humas, dan perlengkapan teknologi.
        Bila konvergensi media lebih ditekankan pada aspek kehumasan. Kesimpulannya, konvergensi media telah mentransformasikan humas dari petarung tunggal (a lonely wolf) menjadi humas multimedia. Lebih sedikit pengambilan keputusan oleh humas. Perusahaan  diuntungkan karena menjadi lebih melek informasi.
       Hal tersebut menunjukkan konvergensi media telah mengubah struktur dan kultur pengelolaan media dan memaksa humas untuk bekerja lebih profesional. Di Eropa dan Amerika Serikat, konvergensi menguatkan media sebagai korporasi besar dan profesionalisme humas dihargai dengan kompensasi sepadan.
          Konvergensi media ini tentu sangat mendominasi dunia humas dengan beberapa segi positif dan negatif yang dimilikinya.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 02 Desember 12 - 14:06 WIB
Dalam Kategori : KONVERGENSIMEDIA, HUMAS
Dibaca sebanyak : 699 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback